GOTONG ROYONG BERSAMA GP ANSOR TENGGULI DAN PEMDES TENGGULI UNTUK MENGANTISIPASI SUNGAI MELUAP

  • Mar 04, 2024
  • Eko Purnama

(04/03/2024) Mengingat sekarang sudah masuk musim penghujan, dimana intensitas hujan cukup tinggi dan banyaknya beredar tanggul air di beberapa daerah jebol karena derasnya air ketika hujan. Jebolnya Tanggul air akan berdampak buruk bagi warga di sekitaran tanggul dan akan menyebabkan air kali meluap sampai ke pemukiman warga dan persawahan khususnya diwilayah Desa Tengguli.

Bagaimana caranya mencegah agar hal itu tidak terjadi? Jebolnya tanggul air disebabkan banyak hal seperti usia dari tanggul tersebut sehingga tanggul sudah tidak kuat lagi menahan derasnya air ketika hujan lebat tiba atau bisa saja tanggul tersebut terdapat rongga sehingga air yang melewati tanggul tersebut dapat merusak struktur dari tanggul air tersebut.Sungai yang serig ditanggul adalah sungai cihapit yang berada di wilayah Desa Tengguli RT 003 RW 001 maka dari itu pihak pemdes tengguli beserta masyarakat desa tengguli serta dari Bhabinkamtibmas Desa Tengguli bergotong royong membuat tanggul dari kantong yang berisi tanah dan setelah itu di shap ke beberapa titik yang berongga/terkikis.

Solusinya adalah dengan melakukan perawatan pada tanggul air tersebut. Perawatan pada tanggul tersebut dapat dilakukan dengan dengan cara mengecek keretakan pada dinding atau juga bisa menambah tanggul sebelum musim hujan tiba. Pengecekan tanggul air sering dilakukan masyarakat setempat dan sudah melaporkan hal tersebut ke pihak BBWS Pemali Comal.

Diharapkan kedepan dari pihak BBWS Pemali Comal bisa menormalisasi Sungai Cihapit yang berada di wilayah Desa Tengguli agar masyaratak Desa Tengguli tidak was-was bilaman intensitas hujan tinggi air bisa saja meluap.